" jadikan menulis untuk menghibur diri dan menghilangkan kesedihan serta saling berbagi "

Sabtu, 27 Oktober 2012

“ Semarakkan sepertiga malam “

Bulan ramadhan telah berlalu,apakah besok tahun depan kita masih bisa mempersilahkan datang menemui kita kembali atau kita sudah berpamitan dulu menghadap yang maha kuasa,kita tiada kuasa untuk mengetahuinya,hanya sang KHALIQ yang maha tahu segalanya…...
Apakah RAMADHAN kita biarkan berlalu tanpa meninggalkan setitik kesan dihati kita,dan bilang Good bye begitu saja.???? Jangan !!! kita hidupkkan hingar bingar sepertiga malam terakhir kita,seperti bulan puasa kemarin,kita dirikan QIYAMUL LAIL. ….....

"seandainya kita mengetahui manfaat dan kautamaan QIYAMUL LAIL,niscaya kita akan berlomba-lomba untuk mengerjakannya"
INSYA ALLOH 

Seperti dalam firman Alloh:

waminallayli fatahajjad bihi naafilatan laka 'asaa an yab'atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaa

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
(QS.AL ISRA:79)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

“Sholat yang paling utama sesudah sholat fardhu adalah qiyamul lail (sholat di tengah malam).
(Muttafaqun ‘alaih)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menceritakan:
“Setan mengikat pada tengkuk setiap orang diantara kalian dengan tiga ikatan (simpul) ketika kalian akan tidur. Setiap simpulnya ditiupkanlah bisikannya (kepada orang yang tidur itu): “Bagimu malam yang panjang, tidurlah dengan nyenyak.” Maka apabila (ternyata) ia bangun dan menyebut nama Allah Ta’ala (berdoa), maka terurailah (terlepas) satu simpul. Kemudian apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Dan kemudian apabila ia sholat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia berpagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Jika tidak (yakni tidak bangun sholat dan ibadah di malam hari), maka ia berpagi hari dalam keadaan kotor jiwanya dan malas (beramal shalih).”
(Muttafaqun ‘alaih)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Di waktu malam terdapat satu saat dimana Allah akan mengabulkan doa setiap malam.”
(HR Muslim No. 757).

“Rabb kalian turun setiap malam ke langit dunia tatkala lewat tengah malam, lalu Ia berfirman: “Adakah orang yang berdoa agar Aku mengabulkan doanya?”
(HR Bukhari 3/25-26).

Dalam riwayat lain disebutkan, bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:
“Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya, siapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku pun akan memberinya, dan siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” Hal ini terus terjadi sampai terbitnya fajar.
(Tafsir Ibnu Katsir 3/54)

"Apakah kita akan melewatkan kesempatan yang masih tersisa ini,dan tidak ingin berdua-duan dengan yang kita kasihi dan yang mengasihi kita,dimana saat itu ALLOH mendengarkan semua doa dan semua keluh kesah kita????"
Nah rekan pembaca yang budiman setelah mengetahui keutamaan QIYAUMUL LAIL……semoga bermanfaat dan dapat menjadi catatan dalam hati kita untuk tetap dapat menegakan sepertiga malam terakhir kita....
" salam dari seseorang yang sedang berusaha untuk bisa..."

Wallahu a’lam bish-shawabi

" jadikan menulis untuk menghibur diri dan menghilangkan kesedihan serta saling berbagi "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar