" jadikan menulis untuk menghibur diri dan menghilangkan kesedihan serta saling berbagi "

Sabtu, 03 November 2012

"Shalat Sunnah Fajar"


Shalat Sunnah Fajar
Terdapat Di antara shalat-shalat sunnah, ada shalat sunnah yang penting untuk tidak ditnggalkan ,yang memiliki keutamaan yang sangat berharga.Dalam satu riwayat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya. Sebuah amalan ringan, namun sarat pahala, yang tidak selayaknya ditinggalkan seorang hamba. Amalan tersebut adalah dua rakaat shalat sunnah sebelum subuh atau disebut juga shalat sunnah fajar.
Keutamaanya Dikisahkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah melakukan satu shalat sunnah pun yang lebih beliau jaga dalam melaksanakannya melebihi dua rakaat shalat sunnah subuh.”
(HR Bukhari 1093 dan Muslim 1191)
Aisyah Ra. Meriwayatkan “Tidak ada shalat sunnah rawatib yang lebih ketat dijaga oleh Rasulullah dari pada shalat dua rakaat sebelum subuh,”
(HR. Bukhari Muslim).
Keutamaan shalat sunnah subuh ini secara khusus juga disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”
(HR. Muslim725).
Melakukannya dengan Ringan “Dari Hafshah Ra, bahwasanya Rasulullah Saw. apabila muadzin telah mengumandangkan adzan Shubuh dan Shubuh telah tampak, beliau shalat dua rakaat ringan.”
(HR. Bukhari Muslim).
“Tentu saja shalat sunnah fajar dua rakaat yang ringan ini harus dengan menjaga kesempurnaannya tanpa tergesa-gesa” Di antara petunjuk dan contoh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam melakukan dua rakaat shalat sunnah subuh adalah dengan meringankannya dan tidak memanjangkan bacaannya, dengan syarat tidak melanggar perkara-perkara yang wajib dalam shalat.
" jadikan menulis untuk menghibur diri dan menghilangkan kesedihan serta saling berbagi "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar